Jerman Menang, Situasi Aneh Terjadi di Grup F Piala Dunia 2018

by

Grup F Piala Dunia 2018 menghadapi situasi aneh. Keempat tim masih berpeluang lolos, termasuk Korea Selatan di dasar klasemen dengan poin 0.

Jerman menang dramatis 2-1 atas Swedia, Minggu dinihari. Tapi ini hanya membuat situasi aneh di Grup F. Keempat tim masih berpeluang lolos. Begini skenarionya.:

Ya, Korea Selatan yang duduk di dasar klasemen Grup F dengan nilai 0 kini malah jadi terbuka peluangnya untuk lolos setelah Jerman menang 2-1 atas Swedia di detik-detik terakhir laga di Fisht Stadium, Sochi. Pemain Real Madrid Toni Kroos melepaskan satu tendangan bebas cerdik yang bersarang di pojok gawang pada menit kelima masa injury time.

Kita lihat klasemen dulu. Meksiko di puncak dengan 6 poin, hasil dua kali menang. Jerman dan Swedia sama-sama di posisi berikutnya dengan poin 3. Korea Selatan 0.

Klasemen Grup F Piala Dunia 2018Korea Selatan memiliki 0 poin tapi mereka bisa lolos jika menang atas Jerman di laga terakhir Grup F dengan setidaknya tiga gol tanpa balas, dan di saat yang sama Swedia kalah dari Meksiko. Tipis tapi masih mungkin secara teoritis.

Sebuah kemenangan bagi Jerman dan Swedia di laga terakhir grup akan membuat tiga negara berada pada sama poin di puncak Grup F: Meksiko, Jerman, Swedia. Karena sama poin maka sesuai aturan, selisih gol akan menjadi penentu.

AdvertisementItulah sebabnya skuad asuhan Joachim Loew ini harus hati-hati. Mereka kini harus menang besar atas Korea Selatan agar unggul selisih gol, sembari berharap Swedia tak mampu setajam itu pada laga terkininya melawan Meksiko.

Hal ini juga membuat suporter El Tri yang tadi sore bergembira usai menang atas Korea Selatan menjadi was-was. Tak ada lagi rencana menurunkan skuad kedua pada laga terakhir lawan Swedia. Terlalu riskan. Mereka harus menang, atau minimal draw, untuk bisa lolos.

Situasi lebih aneh lagi akan terjadi jika minggu depan Jerman menang 1-0 atas Korea Selatan dan Swedia menang 1-0 atas Meksiko. Ketiga tim akan terkunci dengan selisih gol sama, pojn sama, dan head-to-head sama. Tapi itu lain kali lah kita bahas. Cari wangsit dulu, bagaimana hal itu akan diselesaikan.

Sumber