, ,

Patch Keamanan Terbaru Microsoft Mengganggu Kinerja PC

by
patch meltdown dan spectre
Dok: Pixabay
patch meltdown dan spectre
Dok: Pixabay

Awal pekan lalu, Microsoft Corp meluncurkan patch keamanan terbaru guna melindungi perangkat dari ancaman Meltdown dan Spectre. Akan tetapi, patch tersebut justru membuat kinerja beberapa PC menjadi lemot, terutama perangkat yang berjalan dengan prosesor Intel Corp lebih tua.

Bahkan dalam sebuah postingan blog resmi, Microsoft juga mengonfirmasi ada beberapa pelanggan yang mengeluhkan perangkat dengan chipset AMD mereka kinerjanya juga menurun akibat patch anyar tersebut.

“Kami mengetahui bahwa kerentanan ini sejak beberapa bulan lalu di bawah perjanjian nondisclosure. Berikutnya kami akan segera mengembangkan mitigasi teknik dan membuat infrastruktur awan yang baru,” tulis esekutif Microsoft, Terry Myreson dalam postingan blog.

Meltdown dan Spectre sendiri merupakan dua celah keamanan akibat kekurangan korupsi memori, yang bisa dimanfaatkan hacker untuk melewati sistem operasi dan software keamanan lainnya untuk mencuri data-data pribadi seperti password atau enkripsi pada banyak macam perangkat komputer, cloud server, maupun telepon.

Baca Juga :   Pileg 2019, NasDem Sulsel target 6 kursi di DPR RI

Sebelumnya Intel sendiri sudah mengatakan bahwa perbaikan keamanan pada microchip mereka tidak akan mengganggu kinerja komputer, serta menampik bahwa kekurangan yang dikhawatirkan tersebut dapat menurunkan kinerja secara signifikan.

Intel juga telah meminimalkan ancaman dengan membeberkan produk mereka tidak berisiko dari celah Meltdown. Akan tetapi, satu varian bug disebutkan dapat teratasi dengan melakukan pembaruan software lewat vendor seperti Microsoft.

Di sisi lain, AMD mengaku telah mengetahui bahwa beberapa prosesor generasi tua mengalami masalah setelah memperbarui sistem keamanan dari Microsoft yang datang pada awal Januari ini.  Dengan banyaknya laporan yang masuk, Microsoft pada akhirnya menghentikan peredaran patch Meltdown, terutama supaya tidak terjadi masalah pada pengguna prosesor AMD lawas. Masalah pun bisa ditekan, walau pada akhirnya para pengguna prosesor AMD lawas lebih rentan terhadap Meltdown dan Spectre.

Baca Juga :   HP Kalahkan Lenovo di Sektor PC

Dengan begitu, pengguna prosesor AMD lawas harus menunggu lebih lama untuk patch lanjutan agar tidak menyebabkan masalah. AMD dan Microsoft kabarnya juga sedang bekerja sama untuk menuntaskan bug pada patch keamanan tersebut, demikian seperti dilaporkan Reuters.

Cara Cek Metldown dan Spectre di PC

Saat ini hampir semua vendor OS sudah mengeluarkan patch untuk Meltodn dan Spectre, termasuk Windows. Tapi bagaimana cara memastikan bahwa PC Anda aman terhadap ancaman bug yang berbahaya tersebut?

Baca Juga :   NVIDIA Sebut GPU GeForce Bukan untuk Menambang Bitcoin

Baru-baru ini ada tool baru bernama InSpectre, yang bisa Anda manfaatkan untuk memeriksa ‘kekebalan’ PC terhadap Meltdown dan PC. Untuk mengunduhnya di sini, pastikan tidak menggunakan browser IE atau Edge.

Setelah terpasang, jalankan InSPectre dan tool tersebut akan segera menunjukkan sebuah laporan. Di situ bisa dilihat apakah PC Anda masih punya celah keamanan Meltdown dan Spectre atau tidak. Jika masih, maka segera lakukan Windows Update dan install semua update yang tersedia. Setelah selesai, restart PC lalu jalankan lagi InSpectre untuk memastikan.

Tetapi, Anda juga perlu melakukan update firmware prosesor, yang nantinya bisa didapatkan dari vendor seperti Intel maupun AMD.