Peduli Kebutuhan Air Bersih Warga, Pemkot Parepare Akan Bangun Embung

by
Kabag Humas dan Protokoler Setdako Parepare, Amarun Agung Hamka/SULSEL EKSPRES/LUKI AMIMA

PAREPARE, – Kepala Bagian Humas dan Protokoler Setdako Parepare, Amarun Agung Hamka mengatakan, setelah menemukan titik rencana pembangunan dan instalasi, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), segera merealisasikan proyek embung.

Sekadar diketahui, embung atau cekungan penampung (retention basin) merupakan cekungan, yang digunakan untuk mengatur dan menampung suplai aliran air hujan, serta untuk meningkatkan kualitas air di badan air yang terkait misalnya sungai dan danau.

“Rencana lokasi titiknya di Kampung Lariang Nyareng, Kelurahan Galung Maloang, Kecamatan Bacukiki,” katanya, Kamis (8/3/2018).

Hamka menjelaskan, pada kesempatan sebelumnya Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWSPJ), T. Iskandar, melakukan kunjungan untuk melakukan persiapan embung tersebut, yang saksikan Wali Kota Parepare Taufan Pawe, sebelum memasuki masa cuti kampanye.

Dia mengemukakan, berdasarkan keterangan dari pihak BBWSPJ, ‎kapasitas dari embung tersebut mampu menampung 50 liter air perdetik. Sehingga, katanya, dapat dipastikan akan memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Parepare yang mencapai 50 ribu jiwa.

“Rencananya, pembangunan embung tersebut akan dilakukan pada tahun ini, karena titiknya juga sudah ditemukan,” bebernya.

Penulis : Luki Amima

loading…


Source link