Pelantikan dan pengambilan sumpah PPK dan PPS Kota Palopo

by

Terkini.id,Palopo – Sebanyak 27 orang anggota PPK, dan 144 anggota PPS dilantik di Hotel Agro Kota Palopo, 9 Maret 2018. Pelantikan dan Pengambilan Sumpah anggota PPK dan PPS pada Pemilihan Umum anggota DPD, DPR, DPRD Provinsi, dan anggota DPRD kota, serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 itu diawali Pembacaan surat keputusan pengangkatan dan penetapan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Palopo oleh Sekretaris KPU Kota Palopo, Mansyur SE.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Palopo, Haedar Djidar SH., MH, pada kesempatan yang sama mengatakan kegiatan ini sangat penting dan merupakan momen yang sangat berharga bagi yang sudah dilantik.

” Terkait sumpah dan janji Jangan hanya semata diucapkan akan tetapi di implementasikan,” ungkap Haedar.

Lanjut Haedar, pesta demokrasi kedepan masih panjang, dimana saat ini diawali dengan pemilukada, dan skarang sudah masuk masa kampanye.

” Kita sadar bahwa proses ini masih panjang dan ada hal mendasar yang sangat penting untuk disampaikan kepada publik terkait proses pemilu sehingga kita selaku pelaksana tidak kehilangan kepercayaan dari di masyarakat. ” ungkapnya.

Terkait kepercayaan dari di masyarakat
lanjutnya lagi kedepan selaku bagian dari pelaksana pemilu harus siap dan mampu menjawab tudingan atas ketidak percayaan masyarakat.

” Perlihatkan integritas kita, jangan mudah dipengaruhi, diiming-imingi, atau apapun itu, dan kita tidak mau ada pihak kita (penyelenggara) yang mendukung salah satu calon,” Tegas Haedar.

Ia juga menambahkan, proses kedepan sangat menguras tenaga dan pikiran, dan pihak KPU sendiri tidak akan bisa berjalan sendirian, semua harus satu koordinasi.

“Kita harus menjalin kerja sama yang baik. Jika PPS kami punya kesalahan agar bisa di komunikasikan secara baik. Suksesnya pemilu dan pilkada, bukan hanya dari KPU tetapi kerjasama semua unsur dan stakeholder,” tandasnya.

Selain itu juga, Haedar juga berharap agar Anggota PPK dan PPS bisa berkomitmen dalam menyukseskan proses pemilu ini agar berjalan dengan baik.

“Teman-teman harus bekerja dengan keras. Mari kita berkerja dengan baik, bekerja sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” ujarnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Pjs. Walikota Palopo, Andi Arwien S. STP, menyampaikan bahwa setelah pelantikan ini tentunya mengandung konsekuensi kewajiban dan larangan terhadap tugas-tugas. Dan melalui kesempatan itu Arwien menghimbau kepada seluruh PPK dan PPS agar menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya berdasarkan aturan-aturan yang ada.

“Jangan sekali-kali melakukan hal hal yang tidak sesuai dengan aturan yang ada, saya berharap amanah yang diberikan ini dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab,” harap Aswien.

Arwien juga mewanti wanti, dari semua proses tahapan yang berjalan Jangan menganggap sebgai hal yang sepele. ” Semua sudah disumpah dan berjanji dihadapan Allah SWT. Mari kita jalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan bersama sama menyukseskannya,” ungkap Arwien.

Ditambahkan, selaku bagian dari pelaksana pemilu. Ke 27 orang anggota PPK, dan 144 anggota PPS, harus mampu menjaga integritas, dalam bekerja.

Jangan ada tergoda oleh pengaruh-pengaruh dari pasangan calon. Karena kesuksesan Pemilu, tidak lepas dari bantuan semua sebagai garda terdepan dalam pelaksanaan pemilukada,” tandasnya.

Selain dihadiri oleh Pjs. Walikota Palopo, Andi Arwien S. STP, Komisioner KPU Kota Palopo dan jajarannya, turut hadir Kapolres kota palopo yang diwakili oleh Kasat Intel, H. Yusuf, Danramil Kota Palopo, Anton Makmur, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (panwaslu) Kota Palopo dan sejumlah kepala OPD pemkot Palopo.

Bagikan artikel ini :


Source link