Sir William Henry Perkin: Sang Penemu Pewarna Sintetis Pertama

by
Sir William Henry Perkin.(Int)

MAKASSAR, – Google Doodle, Senin (12/3/2018) kembali merayakan hari ulang tahun salah seorang ahli kimia yang jenius. Kini Google merayakan Harui Ulang Tahun Sir William Henry Perkin yang ke 180 tahun.

Lahir di Inggris pada tanggal 12 Maret 1838, ahli kimia Sir William Henry Perkin secara tidak sengaja menemukan “mauveine,” pewarna sintetis pertama.

Sir William Henry Perkin adalah seorang ahli kimia Inggris yang terkenal karena penemuan kebetulan dari pewarna anilin pertama : ungu ungu muda . Meski gagal dalam mencoba mensintesis kina untuk pengobatan malaria , ia menjadi sukses di bidang pewarna setelah penemuannya pada usia 18 tahun.

Pada usia 15, Perkin menjadi asisten laboratorium AW von Hofmann di Royal College of Chemistry dan tiga tahun kemudian, saat mencoba mensintesis kina, anilina teroksidasi dengan dikromat dan diperoleh sebagai pengganti anilin hitam dari mana ia mengekstrak pewarna ungu yang ia beri nama ungu muda.

Sir William Henry Perkin.(Google)

Setahun kemudian, melawan saran Hofmann dan dengan bantuan ayah dan saudara laki-lakinya, dia membangun sebuah pabrik untuk menghasilkan pewarna. Ini adalah awal dari industri tar batubara di Inggris. Pada usia 20, Perkin (dengan BF Duppa) mensintesis glisin, persiapan laboratorium pertama dari asam amino. Dua tahun kemudian, dia menyintesis asam tartarat.

Pembuatan asam tak jenuh (yaitu asam cinnamic) dari aldehida aromatik, anhidrida asam dan garam asam yang sesuai, sekarang dikenal sebagai Reaksi Perkin; dia menggunakannya, pada tahun 1868, untuk pembuatan parfum sintetis pertama, kumarin.

Perkin Medal, penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Society of Chemical Industry, menghormati namanya sampai hari ini, begitu pula jurnal kimia organik dari Royal Society of Chemistry, theTransaksi Perkin.

Selamat ulang tahun ke-180, Sir William Henry Perkin!

Sumber: Google

loading…


Source link