, ,

Angka Keramat Pilgub Sulsel, Nomor Urut 1 Selalu Gagal, Nomor 4 Belum Teruji

by
IMG-20180213-WA0036_1-1-Copy.jpg

Pengambilan nomor urut para kandidat pasangan calon gubernur Sulsel

MAKASSAR, – Tahapan pleno pengundian nomor urut untuk empat pasangan calon di Pilgub Sulsel berhasil diselesaikan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sulsel (13/2/2018).

Pasangan Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz) mendapatkan nomor urut 1, Agus Arifin Nu’mang-Tanribali Lamo (Agus-TBL) nomor 2, Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (Prof-Andalan) nomor urut ke 3, dan pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) nomor urut 4.

Pada dua momentum Pilgub lalu dengan sistem pemilihan langsung, hanya nomor urut 3 dan 2 yang pernah menang. Pilgub 2007 lalu dimenangi pasangan pasangan Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu’mang (Sayang) yang kala itu mendapatkan nomor urut 3.

Baca: Mitos Dibalik Nomor Urut Kandidat di Pilgub Sulsel

Adapun nomor urut 1 milik pasangan Amin Syam-Mansyur Ramli (Asmara) hanya menempati perolehan suara kedua setelah Sayang. Pasangan Aziz Qahhar Mudzakar-Mubyl Handaling nomor urut 2 dengan posisi perolahan suara paling sedikit.

Baca Juga :   Di DPRD Sulsel, Tangis Haru Hantarkan Cicu Pamit Sebagai Legislator

Kemudian Pilgub Sulsel 2013 setelahnya, kandidat pemenang berubah kenomor urut 2. Nomor 2 saat itu dikantongi pasangan Sayang Jilid II.

Kandidat nomor urut 1 yakni Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar (IA) menempati posisi dua besar perolehan suara, dan pasangan nomor urut 3, Rudiyanto Asapa-Andi Nawir (Garuda-Na) posisi suara paling terakhir.

Baca: Ini Makna Nomor Urut Dari Empat Kandidat Pilgub Sulsel

Dalam dua Pilgub lalu tersebut, nomor urut 1 perolehan suaranya selalu menempati posisi runner up.

Terkhusus nomor urut 4 yang saat ini dipegang pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) belum pernah teruji menang dan kalah. Ini karena dua Pilgub lalu tersebut selalu diikuti 3 pasangan calon saja.

Khusus untuk Aziz Qahhar, nomor urut 1 dipencalonannya kali ini adalah yang kedua kalinya. Pilgub 2013 lalu dia juga mendapatkan nomor satu saat berpasangan dengan IAS. Pilgub 2007, Aziz yang berpasangan dengan Mubyl mendapatkan nomor urut 2 tapi tetap tak berhasil menang.

Baca Juga :   1 Ton Sabu Ditemukan Dari Kapal Berbendera Singapura di Batam

Makna Angka Bagi NH dan IYL

“Di Pilkada adalah mencari Sulsel satu tidak ada Sulsel dua, Sulsel tiga dan Sulsel lainya,” ungkap Nurdin Halid memaknai nomor urut 1 yang didapatnya, Selasa (13/2/2018).

Dia mengaku bersyukur bisa mendapatkan nomor urut satu tersebut, sebab sebelum datang pencabutan nomor urut pasangan nasionalis-religius itu, melakukan dzikir dan doa terdahulu.

Baca Juga: 

IYL-Cakka: Semua Nomor Baik, Tapi Angka 4 Punya Banyak Makna

Nomor 1 Bukti Doa NH-Aziz Selalu Terkabul

Nurdin Halid ‘Habisi’ Kekuatan Klan Yasin Limpo di Golkar Sulsel

“Dihati saya bagaimana pun saya selalu berharap mendapatkan dapat nomor satu. Saya juga tadi malam melakukan dzikir dan doa,” tambahnya.

Sementara, pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) memaknai alasan yang khas dari nomor urut 4 miliknya. Sebab selain nomor empat pernah digunakan pada Pilkada Kabupaten Gowa. Nomor urut empat juga dinilainya sebagai nomor keberuntungan.

Baca Juga :   Tim IYL-Cakka Lepas Branding Kendaraan

“Nomor empat juga pernah kami gunakan di Pilkada Gowa. Jadi nomor ini adalah nomor keberuntungan,” jelas mantan Bupati Gowa dua periode itu.tersebut. Sebab selain nomor empat pernah digunakan pada Pilkada Kabupaten Gowa. Nomor urut empat juga dinilainya sebagai nomor keberuntungan.

“Nomor empat juga pernah kami gunakan di Pilkada Gowa. Jadi nomor ini adalah nomor keberuntungan,” jelas mantan Bupati Gowa dua periode itu.

Penulis: Abdul Latif

loading…


Source link