Tim Hukum Appi-Cicu Laporkan Pelaku Hoax di Polda

by

Tim Hukum Calon Wali Kota Makassar, pasangan urut 2, Munafri Arifuddin-Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) melayangkan laporan penyebaran informasi bohong (Hoax) serta tindak pidana hete speech (ujaran kebencian) terhadap dua pelaku berinisial RAR dan RAB ke Polda Sulsel, Jumat (9/11/2018).

Sekretaris Tim Hukum Appi-Cicu, Jhon Ardiansyah kepada media mengatakan, dua pelaku yang dilaporkan diduga kuat bagian dari pendukung calon lain.

“Berita bohong yang dilaporkan, yaitu beredarnya screenshot seakan-akan resume ekspose suatu perkara yang sedang diperiksa KPK yang mana terdapat kalimat yang memojokkan Munafri Arifuddin dan seolah-olah pernah diperiksa di KPK. Ini sungguh fitnah yang sangat tidak bermoral dan pelaku harus ditangkap,” jelas Jhon Ardiansyah.

Informasi tersebut kemudian disebarkan luaskan ke sosial media dan dinilai telah merugikan pihak Paslon urut 1. Adapaun dasar melaporkan kedua pelaku, menurut Jhon, karena dianggap telah memenuhi unsur pasal 311 KUHP Jo Pasal 27 ayat 3 dan Pasal 28 ayat 1 UU ITE.

“Kami sudah pelajari dan kami anggap sudah memenuhi unsur pidana sesuai pasal yang berlaku,” tegasnya.

Lebih jauh Jhon menjelaskan, bahwa aksi penyerangan tersebut, dikoordinir sedemikian rupa untuk menggerus elektabilitas pasangan Appi-Cicu yang belakangan mulai menunjukkan trend positif.

“Semua kandidat sudah komitmen menjaga pilkada berlangsung secara damai dan jujur. Tapi kenyataannya masih ada juga yang melakukan penyebaran konten media berisi berita hoax dan fitnah,” kuncinya. (Rusdi)

Source link