Video : jurnalis ungkap kapal Titanic tenggelam bukan karena es melainkan api

by

Terkini.id, – Masih ingat dengan kapal Titanic yang filmnya dinobatkan sebagai film terlaris sepanjang masa? Yah, film yang dibintangi oleh aktor Hollywood, Leonardo Di Caprio ini menceritakan tentang kisah tenggelamnya kapal termewah di masanya tersebut.

Para ilmuwan baru-baru ini telah mengungkap fakta baru tenggelamnya kapal Titanic. Seperti diketahui sebelumnya, kapal Titanic tenggelam pada tanggal 14 April 1912 pukul 11.40 malam.

Kapal Titanic mengalami musibah besar, dan dalam waktu singkat yakni kurang dari 3 jam, kapal terbesar dan termewah pada zamannya itu lenyap tenggelam di tengah samudera Atlantic.

Lebih dari 1.500 korban jiwa tenggelam bersama kapal tersebut. Penyebab dari tenggelamnya kapal ini yakni tabrakan yang terjadi antara Titanic dengan bongkahan es besar. Banyak dari kita yang telah mengetahui hal ini, tapi para ilmuwan telah menemukan fakta baru.

Kapal Titanic sebelum pelayaran perdananya tahun 1912. (foto/titanic-construction)

Seorang jurnalis yang meneliti kapal Titanic menemukan sebuah fakta mencengangkan bahwasanya penyebab utama tenggelamnya kapal Titanic bukan karena es melainkan karena api.

Jurnalis asal Irlandia, Senan Molony, telah mempelajari kejadian Titanic selama lebih dari 3o tahun. Dialah yang menemukan noda hitam besar sepanjang 30 kaki di lambung kapal. Ia menyadarinya setelah meneliti foto-foto yang diabadikan sebelum kapal Titanic berangkat.

Sang jurnalis menelaah kumpulan foto-foto Titanic yang tak pernah terpublikasi yang menunjukkan konstruksi bangunan kapal itu dan foto-foto persiapan keberangkatan Titanic untuk yang pertama dan terakhir kalinya.

Jurnalis asal Irlandia, Senan Molony. (foto/flickr)

Dari hasil penelitiannya, Senan menemukan bukti bahwa ternyata api dengan suhu yang sangat tinggi telah membakar lambung kapal selama 3 minggu sebelum Titanic berlayar.

Dengan suhu api yang sangat tinggi di ruang mesin, Senan meyakini hal tersebut menjadi sumber malapetaka bagi bahtera mewah ini. Anehnya, tak seorang pun yang tahu akan hal itu.

Ahli metal juga meyakinkan bahwa kondisi tersebut dapat melemahkan kekuatan metal dengan sangat mudah dan mengurangi daya tahan kapal sebesar 75 persen.

Dengan melemahnya konstruksi metal pada kapal Titanic menyebabkan bongkahan es begitu mudah menembus badan kapal hingga mengakibatkan kebocoran di bagian lambung dan akhirnya Titanic tenggelam bersama 1.500 korbannya.

Selain fakta dari Senan Molony, para ilmuwan juga menemukan fakta-fakta baru lainnya yang terangkum dalam cuplikan video di bawah ini.

Bagikan artikel ini :


Source link