WhatsApp untuk Bisnis Sudah Tersedia di Android

by
whatsapp business
Foto: Kompas.com/Wahyunanda

Para pelaku usaha saat ini dapat memanfaatkan layanan aplikasi perpesanan WhatsApp agar lebih efektif untuk menjalankan usaha mereka. Sebab, kini aplikasi bernama WhatsApp Business sudah tersedia di Google Play Store untuk perangkat berbasis Android. Namun, baru bisa diunduh di beberapa negara saja. Indonesia sendiri menjadi salah satu negara yang sudah bisa menikmati layanan tersebut.

Walau demikian, aplikasi WhatsApp Business ini sepertinya tidak selamanya dapat dinikmati secara gratis oleh para pengguna. Sebab WhatsApp sejak jauh-jauh hari sudah berniat untuk mengumpulkan pundi-pundi uang lewat aplikasi ini. Hal itu seperti disampaikan oleh Chief Operating Officer WhatsApp, Matt Idema.

“Nantinya kami berniat untuk menarik bayaran dari para pelaku bisnis,” ujar Matt Idema.

Baca Juga :   3 Fakta di Tengah Badai Isu Perceraian Ahok dan Veronica Tan

Akan tetapi, Idema sendiri belum bisa menjelaskan secara rinci mengenai monetisasi seperti apa yang bakal digencarkan oleh pihaknya. Bisa jadi akan ada opsi “freemium”, di mana akan ada beberapa fitur tambahan yang bisa diakses jika pengguna meng-upgrade akun mereka menjadi premium dengan membayarkan sejumlah uang.

Jika dibandingkan dengan aplikasi WhatsApp biasa, ada beberapa fitur tambahan yang pastinya sangat membantu para pelaku bisnis dalam menjalankan usaha mereka. Di sini pebisnis bisa menambahkan informasi kategori usaha, situs, lokasi usaha, deskripsi usaha, jam operasional, hingga statistik.

whatsapp business
Dok: WhatsApp

Selain itu, ada pula setelan agar pebisnis bisa memberikan balasan otomatis saat pelanggan menghubungi di luar jam kerja. Serta ada pula fitur “Salam” untuk mengirimkan pesan secara otomatis kepada pelanggan yang selama 14 hari terakhir tidak berinteraksi.

Baca Juga :   Daftar Aplikasi Android Islami Terbaik Untuk Didik Anak

Nantinya, berbagai fitur dasar tersebut akan terus bisa dinikmati secara gratis oleh para pengguna WhatsApp Business. Namun tidak menutup kemungkinan jika ada opsi premium nanti, WhatsApp Business akan menambah fitur baru yang fungsinya lebih dari fitur gratis.

“WhatsApp tidak akan menarik fitur-fitur existing yang saat ini sudah tersedia secara gratis di WhatsApp Business,” ujar sang juru bicara, dikutip dari TheNextWeb, Minggu (21/1/2018).

Kemungkinan WhatsApp Business hanya akan menarik bayaran dari kalangan korporasi saja, misalnya seperti perusahaan besar dengan banyak cabang, maskapai penerbangan, bank, atau situs e-commerce.

Baca Juga :   Update Harga HP Android Lenovo Terbaru Oktober 2016

Perkiraan Fitur Tambahan di WhatsApp Business

Beberapa kalangan memperkirakan fitur tambahan pada akun premium jika nantinya mulai diberlakukan di WhatsApp Business. Di antaranya semacam fitur untuk transaksi e-commerce secara langsung atau bot dengan basis Artificial Intelligence (AI).

Pihak WhatsApp juga sudah menjelaskan bahwa pengguna bisa melakukan order makanan secara langsung lewat aplikasi. Jika benar, maka tidak menutup kemungkinan mekanisme tersebut bisa ‘diduitkan’ seperti halnya fitur Go-Food dari Go-Jek.

Menarik untuk ditunggu, fitur-fitur praktis apa saja yang akan diinovasikan oleh WhatsApp pada aplikasi bisnis mereka itu. Bagi Anda yang ingin mencoba WhatsApp Business, bisa mengunduhnya secara langsung di Google Play Store atau di sini.