Kilas Balik Berbagai Peristiwa Menarik di Panggung Piala Oscar

by

Piala Oscar sebagai penghargaan tertinggi insan perfilman akan merayakan ulang tahun ke-90 pada Minggu (4/3)

Sejak 1929, perayaan glamor malam penghargaan Oscar menarik imajinasi para penggemar film di seluruh dunia. Berikut beberapa peristiwa menarik dalam 90 tahun perjalanan Oscar.

1929 – Acara penghargaan Oscar pertama diadakan pada 16 Mei 1929,d i Hotel Roosevelt di Hollywood dan dipandu oleh aktor Douglas Fairbanks Sr. Penghargaan film terbaik diberikan pada film kisah percintaan Perang Dunia I berjudul “Wings,” dan menjadi satu-satunya film era film bisu yang memenangkan Oscar.

1939 – Julukan ‘Oscar’ mulai dipakai untuk penghargaan ini. Meski belum dipastikan kebenarannya, kisah yang beredar luas mengenai asal-usul penggunaan nama ini adalah ketika ahli perpustakaan akademi, Margaret Herrick, mengatakan patung penghargaan mirip pamannya, Paman Oskar.

Baca: Catatan Menarik dari Nominasi Academy Awards 2018

1940 – Hattie McDaniel menjadi perempuan kulit hitam pertama yang memenangkan Piala Oscar untuk seni peran. Dia menyabet penghargaan aktris pembantu terbaik untuk perannya dalam film “Gone With The Wind.” Pada malam penghargaan dia harus duduk di tempat terpisah untuk para bintang kulit hitam. Butuh 51 tahun sebelum aktris kulit hitam lainnya, Whoopi Goldberg, memenangkan Oscar untuk perannya di film “Ghost”.

1953 – Perhelatan Oscar disiarkan melalui siaran televisi untuk pertama kalinya. Pemandu acara Bob Hope membuka acara dengan mengatakan,“Menyenangkan sekali mengetahui bintang-bintang glamor ini akan ada di rumah anda malam ini ya.?. Di seluruh Amerika, para ibu rumah tangga mengatakan kepada suami mereka, “Pakai bajumu. Joan Crawford akan data.”

Aktor Sidney Poitier berfoto dengan Piala Oscar untuk Aktor Terbaik pada Academy Awards ke-36 di Santa Monica, California, 13 April 1964. (AP/Photo)

Aktor Sidney Poitier berfoto dengan Piala Oscar untuk Aktor Terbaik pada Academy Awards ke-36 di Santa Monica, California, 13 April 1964. (AP/Photo)

1963 – Sidney Poitier menjadi aktor pertama yang memenangkan Oscar untuk seni peran, dalam perannya di film “Lilies of the Field.”

1968 – Perhelatan Oscar ditunda dua hari karena pembunuhan Martin Luther King Jr. Pada 4 April.

1969 – Piala Oscar untuk aktris terbaik dimenangkan oleh dua orang. Ini adalah satu-satunya hasil seri. Katharine Hepburn menang untuk perannya “The Lion in Winter” dan Barbra Streisand menang untuk “Funny Girl.” Hepburn tidak menghadiri acara penghargaan.

1973 – Marlon Brando menang penghargaan aktor terbaik untuk perannya sebagai Vito Corleone di film “The Godfather.” Tapi dia memboikot acara penghargaan untuk memprotes gambaran masyarakat asli Amerika di film-film dan televisi. Aktivis Indian, tampil di panggung mengenakan baju tradisional suku Apache untuk menggantikan Brando, namun dia menolak menerima patung Oscar.

Reaksi Halle Berry saat memenangkan Piala Oscar untuk Aktris Terbaik pada Penghargaan Academy Awards ke-74, di Hollywood, 24 Maret 2002.

Reaksi Halle Berry saat memenangkan Piala Oscar untuk Aktris Terbaik pada Penghargaan Academy Awards ke-74, di Hollywood, 24 Maret 2002.

2002 – Halle Berry menjadi aktris kulit hitam pertama dan satu-satunya yang menerima penghargaan aktris terbaik. Dia mempersembahkan penghargaan Oscar untuk “untuk setiap perempuan kulit berwarna tanpa nama, tanpa wajah yang sekarang punya kesempatan karena pintu telah terbuka.”

2003 – “The Lord of the Rings: The Return of the King” menyabet jumlah penghargaan terbanyak dalam sejarah Oscar, dengan memenangkan setiap kategori yang dinominasikan. Ini adalah film ketiga yang memenangkan 11 penghargaan, menyamai “Titanic” pada 1997 dan “Ben Hur” pada 1959.

Baca: “Three Billboards” Film Terbaik BAFTA

Di tahun yang sama, Roman Polanski memenangkan penghargaan sutradara terbaik untuk film tentang Holocaust “The Pianist.” Tapi dia tidak bisa terbang ke Los Angeles untuk menghadiri malam penghargaan karena dia sedang dicari pihak berwajib Amerika Serikat untuk tuduhan pemerkosaan anak di bawah umur pada 1977. Para tamu undangan merespon dengan memberikan tepuk tangan sambil berdiri.

2009 – Kathryn Bigelow menjadi perempuan pertama yang memenangkan penghargaan Oscar untuk sutradara terbaik. Dia menang untuk film “The Hurt Locker.”

2013 – Jennifer Lawrence tersandung dan jatuh pada saat akan menerima penghargaan aktris terbaik untuk perannya dalam film “Silver Linings Playbook.” Dia menerima tepuk tangan meriah dari para tamu, hingga dia bercanda “anda semua berdiri karena saya tadi jatuh dan itu memalukan.”

Jimmy Kimmel dan Warren Beatty tertawa setelah mengoreksi penghargaan untuk Film Terbaik yang awalnya diberikan kepada La La Land, kemudian diberikan untuk film Moonlight.

Jimmy Kimmel dan Warren Beatty tertawa setelah mengoreksi penghargaan untuk Film Terbaik yang awalnya diberikan kepada La La Land, kemudian diberikan untuk film Moonlight.

2016 – Untuk tahun kedua berturut-turut, semua 20 calon penerima penghargaan Oscar adalah aktor dan aktris kulit putih. Pencalonan ini menuai kritik dan tagar di media sosial #OscarSoWhite. Menanggapi hal ini, pihak akademi mengatakan berencana menambah jumlah perempuan dan anggota dari kelompok minoritas.

2017 – “Moonlight” menjadi film pertama dengan semua pemeran kulit hitam yang memenangkan film terbaik. Tapi amplop pengumuman di belakang panggung tertukar, hingga penghargaan sempat diberikan kepada film musikal “La La Land.” [ft]

Source link