5 Sumbangan Stephen Hawking untuk Perkembangan Fisika

by

Jakarta – Stephen Hawking diketahui telah menghembuskan napas terakhir di usia 76 tahun pada Rabu (14/3/2018). Fisikawan kenamaan ini diketahui sudah lama mengidap sklerosis lateral amiotrofik.

Hawking yang mengenyam pendidikan di Oxford itu juga dikenal menaruh perhatian pada pembahasan kosmologis. Salah satu pembahasannya yang cukup menyita perhatian adalah upaya untuk menyatukan teori relativas umum dan mekanika kuantum.

Sekadar informasi, dua teori ini pada dasarnya memang berseberangan. Mekanika kuantum hadir sebagai hukum untuk menjelaskan peristiwa mikro, sedangkan relativitas dimanfaatkan untuk menjelaskan peristiwa di ranah makro, seperti bintang atau galaksi.

Meski upaya tersebut tak benar-benar terselesaikan, Hawking sebenarnya memiliki beberapa teori yang turut menyumbang perkembangan ilmu fisika. Berikut ini beberapa sumbangan Hawking seperti dikutip dari The Guardian.

1. Singularitas dalam Keruntuhan Gravitasi

Fisikawan yang mengerjakan teori gravitasi Einstein mengetahui bahwa ada kemungkinan terjadinya singularitas, yakni kondisi ruang dan waktu yang muncul dalam kurva tak terhingga. Namun, belum ada yang memastikan hal itu nyata atau tidak.

Awalnya, Roger Penrose dari Birbeck College di London berhasil membuktikan singularitas ternyata berasal dari lubang hitam.

Lalu, ia dan Hawking menerapkan gagasan yang sama ke alam semesta dan menunjukkan bahwa teori Einstein memang memprediksi adanya singularitas.

 

 

Source link