, ,

Supaya Tidak Sering Diservis, Begini Cara Rawat Smartphone yang Benar

by
tips merawat smartphone
Dok: unsplash.com/@alvaroreyes

Dewasa ini kebutuhan akan smartphone makin krusial dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya dapat digunakan untuk berkomunikasi, tetapi smartphone kini juga berfungsi untuk melakukan berbagai aktivitas lainnya. Tak heran jika smartphone menjadi salah satu jenis barang elektronik yang paling sering diservis karena penggunaannya yang begitu ketat setiap hari.

Biaya servis smartphone tidaklah murah, apalagi kalau yang rusak adalah komponen-komponen utama. Nah, jika smartphone sering diservis, tentu pengeluaran akan makin membengkak. Maka dari itu, Anda perlu merawat smartphone dengan lebih cermat berhati-hati. Berikut ini cara merawat smartphone dengan baik dan benar agar tidak sering rusak dan keluar-masuk tempat servis.

1. Software

Kerusakan yang paling sering terjadi pada smartphone adalah dari sisi software. Aplikasi apa yang terpasang di smartphone Anda juga akan berpengaruh pada kinerja hardware. Misalnya saja Anda memainkan game berat macam Asphalt 8 atau Arena of Valor di smartphone dengan spesifikasi menengah. Bisa-bisa smartphone Anda makin lemot dan mengalami overheat. Selain itu yang perlu diwaspadai adalah aplikasi modifikasi, yang mungkin saja sudah ditanamkan virus atau malware.

2. Body

Sebagai komponen terluar untuk melindungi komponen-komponen di dalamnya, Anda harus menjaga body smartphone dengan baik. Tidak ada salahnya jika Anda membeli pelindung layar dan case agar bagian luar smartphone lebih awet. Sebab, benturan dengan benda-benda di luar, baik sengaja maupun tidak, mungkin dapat meninggalkan bekas atau bahkan turut merusak komponen di dalamnya. Selain itu, saat melakukan pembersihan disarankan menggunakan tisu kering, bukan tisu basah atau air, karena dapat membuat smartphone lembap.

3. Kamera dan Speaker

Dua komponen ini termasuk paling sering digunakan pada smartphone. Nah, untuk merawat kamera Anda bisa menggunakan case atau pelindung body. Sebab, seringkali bagian kamera mengalami gesekan langsung dengan permukaan meja atau lantai dan bisa meninggalkan goresan di bagian kamera. Hindari juga membersihkan kamera dengan jari, karena dapat menyebabkan lensa menjadi kabur. Sedangkan untuk speaker, jangan sampai smartphone Anda dijejerkan dengan medan magnet, sumber air, atau benda logam, karena dapat merusak speaker.

4. Baterai

Selain karena software, permasalahan utama smartphone lainnya biasanya berasal dari baterai. Pasalnya, apabila baterai smartphone Anda rusak dan dibiarkan sampai makin parah, bukan tidak mungkin juga bisa merusak komponen lainnya. Perawatan baterai smartphone sebenarnya sederhana, asalkan Anda mau tidak egois dalam menggunakan smartphone. Segera lakukan pengisian daya ketika baterai sudah tinggal 10-15%, tetapi jangan mengisinya berlebihan seperti membiarkannya semalaman. Selain itu, sebaiknya ponsel juga dimatikan setidaknya seminggu sekali.

Begitulah kurang lebih cara perawatan smartphone dengan baik dan benar agar Anda lebih hemat biaya servis. Terakhir, sebaiknya Anda juga selalu mem-backup data-data penting dari smartphone, untuk menghindari kemungkinan terburuk saat smartphone Anda tiba-tiba rusak atau mati total.