, ,

Agar Tidak Lag, Begini Cara Main Game di Android yang Benar

by
game android
Gambar: Youtube

Memiliki ponsel Android memang menyenangkan. Ada banyak game dan aplikasi yang bisa Anda install secara resmi melalui Play Store. Namun, hal yang perlu Anda ketahui adalah bahwa tidak semua smartphone Android dapat memainkan game- game yang berkualitas tinggi seperti game PES, FIFA, GTA dan banyak lainnya. Hal ini karena game-game tersebut membutuhkan spec yang tinggi tersebut seperti memori RAM,CPU dan juga GPU.

Namun, hal ini bukan berarti Anda tidak bisa memainkannya. Cobalah beberapa tips berikut agar Android Anda tidak lag saat bermain game berat.

1. Pastikan Baterai Tidak Di Bawah 20% Ketika Bermain

Ya, baterai yang berada di bawah 20% akan menghambat kinerja processor ponsel Anda. Alhasil, ponsel Anda tidak akan mampu mengolah grafis yang berat dari game yang ingin Anda mainkan.

2. Hindari aplikasi lain berjalan ketika bermain game

Ketika Anda ingin memainkan satu buah game yang berat, maka pastikan aplikasi lainnya tertutup dengan benar melalui Apps Manager. Hal ini untuk menghindari multitasking yang memberatkan RAM ponsel Anda.

3. Uninstall beberapa aplikasi yang tidak digunakan

Menginstal terlalu banyak aplikasi akan membuat banyak junk files dan cache yang menumpuk di Android. Hal ini bahkan lebih parah karena menumpuknya file akan memboroskan kapasitas memori di Android Kamu. Yang membuat memori di Android penuh. Dengan uninstall aplikasi yang tidak digunakan, maka berguna untuk meringankan kerja Android.

4. Nonaktifkan animasi layar dan transisi

Berbagai animasi layar dan efek transisi memang akan membuat ponsel Anda terlihat menawan dan modern. Namun animasi layar dan efek pada launcher ternyata juga bisa memperberat kerja android. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut, cobalah untuk me-non aktifkan animasi layar dan efek pada launcher yang Kamu gunakan. Untuk menon-aktifkan animasi dan efek transisi keseluruhan pada android, lakukan langkah berikut:

  • Masuk ke pengaturan.
  • Gulir ke bawah, lalu pilih about phone.
  • Cari pilihan software information dan pilih nomor bentukan atau built number, lalu tekan tujuh kali hingga Anda melihat Developer Options telah diaktifkan.
  • Kembali ke menu Pengaturan dan pilih opsi pengembang.
  • Gulir ke bawah sampai Anda menemukan skala animasi jendela, Lalu set ke ‘Off’. Tekan skala durasi animator, lalu set ke ‘Off’.

5. Update Game Secara Berkala

Ya, tujuan dari update suatu software, termasuk game, adalah untuk mengoptimalkan performa dari game itu sendiri. Jadi, jika Anda tidak meng-update game Anda secara berkala, maka wajar saja bila Anda memainkan versi game yang penuh dengan bug sehingga performanya menjadi lambat.

Dengan menerapkan 5 tips di atas, maka Android Anda dijamin akan lebih lancar ketika memainkan game, selamat mencoba!