, ,

Tips Menjalankan Game Berat di PC Agar Lancar Jaya

by
main game berat di pc
Gambar: Jalantikus.com

Menjalankan game berat di PC memang membutuhkan penanganan khusus. Selain dengan meng-upgrade perangkat keras, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Hal pertama adalah dengan meng-upgrade sistem operasi ke Windows 10. Hal itu karena di Windows 10, akan ada support DirectX 12, di mana game-game yang ingin Anda mainkan akan terasa berjalan lebih optimal. Alasannya karena Microsoft sendiri telah melakukan desain ulang pada graphics API DirectX 12. Nah, selain itu, ikuti beberapa tips berikut ini agar game berat terasa lancar di PC Anda.

Dok: Jalantikus.com
Dok: Jalantikus.com

Langkah 1: Setting Graphic Driver

Lakukan pengaturan graphic driver dengan langkah-langkah berikut:

AMD ATI Radeon

  • Klik kanan pada Desktop > Graphics Properties atau Start Menu > cari AMD Catalyst Control Center.
  • Klik Gaming > 3D Application Settings > lalu ikuti setting berikut:
Baca Juga :   Game Hot Khusus Dewasa Untuk Hp Android
Dok: Jalantikus.com
Dok: Jalantikus.com
  • Klik kanan pada Desktop > pilih Configure Switchable Graphics > lalu setting semua aplikasi game menjadi High Performance seperti gambar di bawah ini:
Dok: Jalantikus.com
Dok: Jalantikus.com
  • Setting untuk GPU ATI Radeon selesai.

NVIDIA GeForce

  • Klik kanan pada Desktop > pilih menu NVIDIA Control Panel.
  • Pilih menu Manager 3D Setting.
  • Ubahlah Preferred Graphics Processor dari Auto select ke High-performance NVIDIA processor. Ikuti gambar di bawah ini:
Dok: Jalantikus.com
Dok: Jalantikus.com
  • Setelah proses di atas, masuklah ke NVIDIA Control panel.
  • Pilih Adjust image setting with preview.
  • Terakhir, pilih Use my preference empahasizing > geser ke arah paling kiri agar PC bisa mendapatkan performa yang optimal.
Baca Juga :   Kreator ‘Game of Thrones’ akan Buat Serial “Star Wars”

Langkah 2: Ubah Mode Baterai ke High Performance

Dengan mengaktifkan mode high performance pada baterai, maka hal ini akan meningkatkan kinerja CPU Anda dengan kecepatan yang lebih tinggi. Namun, hal ini tetap aman digunakan. Mode ini dapat meningkatkan kinerja dari beberapa komponen seperti layar, Hard disk, WiFi, dan komponen lain.

Langkah 3: Hindari Multitasking Berlebihan dan Tidak Perlu

Multitasking dapat membuat memori RAM menjadi penuh. Selain itu, hal ini juga bisa membuat CPU bekerja dengan lebih keras lagi. Oleh karena itu, hindari membuka banyak program ketika Anda ingin memainkan game yang berat.

Baca Juga :   Pengembang Asal Kota Bandung Rilis Game Android Baru Bergenre Tower Defense

Langkah 4: Dinginkan CPU dengan Baik

Suhu CPU yang dingin akan membuat kinerja processor lebih optimal lagi. Oleh karena itu, jangan segan untuk menggunakan fan yang bagus agar performa yang didapat juga maksimal dan game berat bisa lancar jaya di PC Anda.

Jika Anda mengikuti 4 tips di atas, maka dapat dipastikan PC atau komputer Anda bisa memberikan performa terbaiknya ketika memainkan game yang cukup berat. Meski begitu, Anda tentu tidak bisa mendapatkan performa sebaik PC berspesifikasi dewa yang khusus gaming. Namun, langkah-langkah di atas paling tidak akan membantu komputer Anda bekerja dengan lebih baik untuk Anda. Selamat mencoba!