, ,

Tips Mengatasi Koneksi Internet Lelet di Android

by
tips mengatasi internet lelet
Dok: JalanTikus

Meski jaringan 4G sudah mulai merata di Indonesia, namun kemampuan akses internet tentu kembali pada masing-masing operator yang digunakan. Masalah jaringan pun tetap tidak bisa terhindarkan, sehingga dapat membuat koneksi internet di smartphone menjadi lelet.

Di lain sisi, koneksi internet yang lelet ini juga bisa disebabkan oleh masalah pada software, baik disengaja maupun tidak. Nah, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat koneksi internet di smartphone tiba-tiba lelet. Sebelumnya, pastikan sumber koneksi internet di Android Anda hanya berasal dari mobile data.

Cara Membuat Koneksi Internet di Android ‘Ngebut’ Lagi

1. Periksa pengaturan Network

Sebelum menduga-duga masalah internet di smartphone Anda berasal dari aplikasi tertentu, periksa terlebih dahulu pengaturan network. Masuk ke menut Settings > Mobile Network Settings. Untuk Android dengan fitur 4G, maka akan ada beberapa pilihan, yaitu: GSM only, WCDMA only, GSM/WCDMA auto, dan GSM/WCDMA/LTE auto. Pilih yang terakhir agar internet secara otomatis hanya terkoneksi jika tersedia jaringan 3G atau 4G.

2. Menghapus Cache

Ini adalah hal yang jarang disadari oleh para pengguna Android karena terjadi tanpa terlihat. Cache akan selalu bertambah pada setiap penggunaan aplikasi, serta dapat ‘memakan’ memori ponsel dan menghabiskan data internet secara diam-diam. Jika sudah demikian, koneksi internet di Android pasti akan tersendat dan menjadi lelet. Jadi coba bersihkan cache aplikasi-aplikasi yang di smartphone secara rutin melalui menu Settings > Applications > pilih aplikasi > Clear Chache.

3. Buang widget dan aplikasi tidak penting

Beberapa widget dan aplikasi ternyata juga terhubung ke internet dari background. Misalkan saja aplikasi Facebook, yang tanpa Anda sadari bisa membuat data internet cepat habis dan secara tak langsung membuat koneksi internet di aplikasi lain menjadi lelet. Cara mengatasinya tentu menghapus widget dan aplikasi tersebut dan mencari alternatif lain. Untuk aplikasi seperti Facebook atau Twitter, Anda tetap bisa mengaksesnya melalui browser, bukan?

4. Matikan tethering

Fitur tethering berfungsi untuk menjadikan ponsel Anda seperti semacam hotspot. Itu artinya, Anda membagikan koneksi internet ke perangkat. Oleh karena koneksi internet perangkat Anda terbagi dengan perangkat lain, maka bandwidth juga akan terbagi. Hal ini secara langsung membuat koneksi di perangkat utama, yakni smartphone Anda, menjadi lelet. Terkadang Anda lupa mematikan fitur tethering, sehingga perangkat yang sebelumnya pernah terhubung dengan hotspot Anda akan secara otomatis terhubung lagi.

Beberapa tips tadi sebenarnya sangat sepele, tetapi sering dilupakan oleh para pengguna Android. Cara-cara tadi juga perlu Anda lakukan secara rutin. Namun jika koneksi internet Anda tak kunjung pulih, coba tanyakan kepada service center operator terkait apakah di daerah Anda sedang ada masalah jaringan atau tidak. Selamat mencoba.