Kampanye Think Before You Share, Pelajar Diminta Bijak Berinternet

by

Jakarta – Facebook, Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Foundation dan Do Something Indonesia mengakhiri kampanye Share Before You Share.

Kampanye yang berjalan selama enam bulan ini bertujuan membekali remaja dengan keterampilan berpikir secara kritis dan menumbuhkan rasa empati saat menggunakan media sosial.

Head of Community Affairs APAC Facebook, Clair Deevy, mengatakan kampanye Think Before You Share diharapkan dapat membuat para remaja Indonesia kemampuan dasar dan akses ke sumber referensi yang dibutuhkan untuk menciptakan pengalaman online yang positif.

Selain itu, juga membantu para pelajar membedakan fakta dan opini, sehingga bisa membantu menciptakan lingkungan online yang aman.

“Program ini sudah dari tahun lalu dan ada banyak hal yang kami lakukan, antara lain mendiskusikan dengan peserta yang ikut tentang cara membedakan fakta dan opini, berpikir kritis dan memahami apa yang diunggah ke internet, serta dampaknya bagi orang lain,” jelas Deevy saat ditemui di Jakarta, Selasa (27/2/2018).

Kerja sama dengan YCAB Foundation dan Do Something Indonesia, kata Deevy, membuat kampanye ini semakin berjalan dengan baik. Kolaborasi ini diharapkan dapat membantu memperkuat literasi digital di Indonesia, sehingga internet terutama media sosial seperti Facebook bisa menjadi tempat yang aman untuk semua orang.

“Facebook menyadari kami bukan ahli dalam segala hal, karena itu kami bekerjasama dengan para ahli lokal untuk membuat layanan kami tetap aman,”ungkap Deevy.

Adapun selama enam bulan terakhir, Facebook, YCAB Foundation dan Do Something Indonesia telah berhasil melatih 11 ribu siswa di lebih dari 100 sekolah di Jakarta. Selain itu, mereka juga berhasil mencapai lebih dari 15 juta jumlah jangkauan di Facebook dan Instagram melalui kampanye tersebut.

 

Source link