, ,

7 Langkah Membersihkan Laptop dengan Benar dan Aman

by
cara membersihkan laptop
Foto: Instagram/@d_o_b_r_y

Sebagai barang elektronik yang sangat sering digunakan, laptop Anda juga membutuhkan perawatan khusus. Bukan hanya dari segi software, melainkan kebersihan setiap komponennya pun harus selalu diperhatikan.

Saat laptop berdebu, terkadang Anda hanya membersihkannya dengan lap saja atau sekadar meniupnya. Padahal mungkin masih ada debu yang menempel di komponen tertentu terutama keyboard dan bisa menghambat kinerja laptop.

Di sisi lain, Anda sendiri juga dapat merasakan manfaatnya jika laptop dalam keadaan bersih, yaitu mengurangi sentuhan dengan kuman atau kotoran di permukaan keyboard. Sebab, keyboard laptop disebut-sebut sebagai salah satu rumah favorit bagi sejumlah bakteri.

Namun, Anda perlu tahu bagaimana langkah-langkah membersihkan laptop dengan benar dan aman agar tidak merusak komponen-komponennya, terlebih komponen luar. Nah, berikut tips membersihkan laptop agar lebih awet dan terawat.

1. Dalam kondisi mati

Sebelum mulai membersihkan laptop, pastikan perangkat sudah dalam keadaan mati dan tidak terhubung dengan listrik. Jangan lupa juga untuk melepas baterai.

2. Buka laptop

Langkah berikutnya, buka laptop Anda untuk dibersihkan bagian-bagian yang penuh kotoran terutama pada keyboard.

3. Balik posisi laptop

Balik posisi laptop lalu goyangkan secara perlahan agar kotoran atau debu yang masih menempel di sela-sela keyboard bisa terjatuh. Walau belum membersihkan secara keseluruhan, namun setidaknya kotoran seperti remah-remah bisa jatuh. Tetapi, Anda harus berhati-hati supaya bukan laptopnya yang jatuh, ya.

4. Gunakan udara bertekanan

Langkah ini biasanya juga dilakukan saat membersihkan komponen CPU komputer. Tetapi karena komponen laptop lebih kecil dan rentan, maka lakukan secara berhati-hati. Semprotkan udara bertekanan pada sela-sela keyboard agar kotoran yang sulit dibersihkan bisa hilang.

5. Gunakan sikat kecil

Jika masih kurang puas atau merasa masih ada kotoran yang menempel, gunakan sikat kecil untuk membersihkan bagian yang lebih mendetail. Sebagai alternatif Anda juga bisa pakai sikat gigi bekas.

6. Permukaan keyboard

Jika sela-sela keyboard sudah bersih, berikutnya bersihkan pula bagian permukaan keyboard yang bersentuhan langsung dengan jari Anda. Kali ini gunakan cotton bud yang dibasahi dengan alkohol. Tetapi, pastikan cotton bud hanya lembap saja, tidak sampai basah kuyup. Pasalnya air yang berlebihan justru dapat membuat keyboard rusak.

7. Body dan layar laptop

Untuk bagian body, cukup Anda bersihkan dengan menggunakan lap saja. Jika ada noda yang sulit dibersihkan, coba oleskan minyak kayu putih, kemudian lap sampai nodanya hilang.

Sedangkan saat membersihkan layar, disarankan lebih berhati-hati. Anda bisa menggunakan produk cleaner khusus layar laptop yang banyak dijual di pasaran. Saat membersihkan layar, pastikan Anda menggunakan kain tidak berserat agar tidak menimbulkan goresan. Jika laptop Anda memiliki fitur layar sentuh, maka gunakanlah cairan pembersih kaca mata.

Nah, begitulah langkah-langkah membersihkan laptop dengan baik dan benar agar tidak terjadi kerusakan atau korsleting. Selamat mencoba.