, ,

Kenali Beberapa Penyebab PC Sering Mati Sendiri

by
komputer sering mati
Dok: Dreamstime.com

Penggunaan komputer sebagai salah satu teknologi utama informasi dan komunikasi memang tak bisa terbebas dari gangguan system atau yang biasa disebut error. Error ini sendiri pun bisa beragam jenisnya, bisa error dari segi hardware maupun dari segi software nya. Kondisi ini lantas akan menimbulkan beberapa macam gangguan yang sangat umum ditemui, yakni computer yang tiba-tiba mati dengan sendirinya.

Seperti yang sudah kita ketahui, untuk mematikan sistem komputer secara normal maka diperlukan proses shut down yang benar. Proses shutdown dilakukan dengan benar untuk memastikan semua perangkat telah siap untuk dimatikan. Nah, proses shutdown yang dilakukan tanpa prosedur yang benar akan menyebabkan adanya beberapa malfungsi pada software dan juga hardware. Nah, agar tidak terjadi kerusakan lebih lanjut, kenali beberapa hal yang menyebabkan komputer Anda bisa mati sendiri.

CPU terlalu panas

Penyebab umum dari komputer yang sering mati sendiri adalah karena adanya kelebihan panas pada CPU. Jika CPU terlalu panas, maka komputer akan berhenti bekerja dengan sendirinya. Penyebab panasnya CPU adalah karena anda terlalu banyak menjalankan program yang memiliki spesifikasi tinggi, sedangkan CPU anda sendiri hanya kuat untuk menjalankan software dengan spesifikasi yang tidak setinggi itu.

Hal ini akan menyebabkan CPU seakan dipaksa untuk bekerja terlalu berat dan juga terlalu keras. Pemaksaan ini tentunya akan berujung pada panasnya CPU dan mengalami mati sendiri.

Kondisi kipas yang tidak baik juga dapat menyebabkan CPU menjadi mudah panas karena ia tidak mampu mengalirkan udara dingin kepada CPU itu sendiri. Alhasil, CPU menjadi panas dan mengalami malfungsi.

Kelebihan atau kekurangan tegangan listrik

Hal lain yang bisa membuat komputer Anda mati dengan sendirinya secara tiba-tiba adalah adanya kelebihan ataupun kekurangan tegangan listrik ke dalam CPU. Hal ini dapat ditemui pada PC yang langsung terhubung ke sumber listrik PLN tanpa menggunakan stabilizer.

Selain karena ketidakstabilan listrik PLN. Kekurangan atau kelebihan daya juga seringkali disebabkan karena power supply pada PC tidak bekerja dengan baik dan memberikan tegangan yang cukup. Kedua hal inilah yang membuat komputer mati sendiri secara tiba – tiba.

Kerusakan pada hardware

Kerusakan hardware atau komponen di dalam CPU juga menjadi penyebab komputer Anda sering mati dengan sendirinya. Sayangnya, kerusakan ini memang sulit untuk dideteksi selain oleh para ahli. Kerusakan hardware sendiri sebenarnya bisa terjadi karena hardware yang dipasang bukanlah hardware yang kompatibel dengan motherboard Anda. Hal lain yang juga bisa menjadi penyebabnya adalah proses pemasangan hardware yang salah prosedur, sehingga menyebabkan hardware menjadi malfungsi.

Setelah mengetahui 3 penyebab di atas, kira-kira yang mana yang menjadi penyebab PC Anda sering mati sendiri?