November, Sharp Bawa Televisi Berteknologi 8K ke Indonesia

by
alexa snippet

JAKARTA – Apakah kualitas gambar televisi (TV) Anda masih kurang detail? Kalau demikian, Anda patut menunggu kehadiran televisi berteknologi 8K yang bakal dibawa Sharp ke pasar Indonesia.

“Kami akan membawa televisi dengan teknologi 8K ke Indonesia pada November nanti. Ini bukti kami berkomitmen untuk memberikan produk terbaik dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” kata Yoshihiro Hashimoto, Executive Managing Officer Head of President Office, Sharp Corporation saat peluncuran televisi terbarunya di Jakarta, Kamis (8/2/2018).  

Teknologi yang dibenamkan Sharp ke TV 8K membuat tampilannya sangat detail. Tak terlihat piksel setitik pun ketika kita melihatnya dari jarak sangat dekat sekalipun.

Tampilan jernih itu dimungkinkan karena 8K memiliki keunggulan jumlah piksel 16 kali lipat dibandingkan TV berteknologi Full HD. Sekadar informasi tambahan, 4K TV memiliki kekayaan piksel 1.920 x 1.080; menyusul kemudian 4K TV dengan 3.840 x 2.160 piksel; sementara 8K berkekuatan 7.680 x 4.320 piksel.

“Tak ada titik noda piksel dalam gambar yang disajikan TV 8K Sharp. Televisi ini sebelumnya sudah dipasarkan di Eropa/Rusia, Jepang, Taiwan, dan pasar China,” sebut Toshio Kawata, Deputi GM TV System Business Unit Sharp Corporation.

Kelebihan jernihnya gambar membuat penonton atau pemilik TV 8K Sharp tak bisa membedakan mana gambar televisi dan objek aslinya. Hal itu terlihat dari survei terhadap mereka yang menonton dengan TV ini. “95% penontonnya mengatakan sulit membedakan mana objek aslinya dan mana yang gambar,” kata Toshio Kawata.

Dia pun menyebutkan, teknologi layar 8K bisa digunakan untuk beragam bidang. Mulai dari medical, imaging, infrastructure maintenance, hingga security. “Untuk medikal sudah dipratikkan di Jepang, di mana dalam operasi pembedahan penting, dokter ahlinya bisa saja tidak berada di ruang operasi tapi di tempat lain. Sebab dengan gambar yang detail dan jernih, si dokter ini bisa memberikan rekomendasi kepada rekan sejawatnya di ruang operasi dalam melakukan tindakan,” ungkapnya.

Namun pihak Sharp belum bisa memberikan rincian spesifikasi dan harga dari perangkat barunya ini. Mereka hanya mengatakan TV 8K yang dibawa ke Indonesia spesifikasinya akan dikondisikan dengan kebutuhan di Tanah Air. “Indonesia adalah pasar penting bagi kami,” ujarnya.

President Director Sharp Electronics Indonesia saat itu, Fumihiro Irie, mengatakan, dengan resolusi empat kali lebih tinggi dari televisi manapun di kategori 4K, model ini menjadi televisi dengan resolusi setara 8K pertama di dunia. Televisi ini, kata dia, menyuguhkan detil gambar yang fantastis dan kerapatan piksel yang luar biasa demi pengalaman menonton terbaik bagi para konsumen di Indonesia. Di samping itu produk juga dibenami dengan platfrom Android TV untuk menambah kepuasan penggunanya.

(mim)


Source link