Pegawai Apple Ancam Beberkan File Pengguna?

by

Jakarta – Seorang pengguna perangkat Apple di Tiongkok mengungkapkan dirinya telah diancam oleh pegawai Apple. Pegawai tersebut mengancam bakal menyebarkan seluruh file-nya yang disimpan di iCloud, termasuk foto, email, kontak.

Menurut sang pengguna, ancaman disebabkan karena dirinya meminta perusahaan menghapus akun iCloud miliknya.

Mengutip laman Softpedia, Senin (12/3/2018), cerita tersebut diunggah di situs jejaring sosial Weibo oleh pengguna yang dimaksud. Mulanya, pengguna dengan marga Qin ini mengontak pihak Apple dan memohon perusahaan menutup akun iCloud-nya.

Permintaan penutupan akun iCloud dilakukan lantaran Qin tidak mau jika data-datanya dipegang oleh perusahaan teknologi milik pemerintah Tiongkok, Guizhou-Cloud Big Data Industry Development Co, Ltd.

Sebelumnya, Apple memang memutuskan untuk memindahkan data center pengguna Tiongkok ke server yang ada di negara tersebut. Hal ini pun menuai pro dan kontra terkait dengan privasi data.

Qin berujar, dirinya mengatakan kepada pegawai Apple melalui telepon, bahwa dirinya ingin menutup akun iCloud-nya karena sudah beberapa lama tidak menggunakan akun tersebut.

Pembicaraan antara keduanya pun memanas, bahkan sempat berseteru. Qin juga menyebut tingkah laku pegawai tersebut arogan dan telah lalai menjalankan tugasnya.

Masih di hari yang sama, Qin mengatakan, dia ditelepon oleh seseorang diduga merupakan pegawai Apple yang sempat melayaninya. Pegawai ini meminta Qin untuk mengecek alamat emailnya yang terhubung dengan iCloud.

Source link