Samsung Bantah AR Emoji di Galaxy S9 Sontek Apple

by

Barcelona – Pada gelaran Mobile World Congress (MWC) 2018, Samsung secara resmi memperkenalkan Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus. Bersamaan dengan duo smartphone premium tersebut, perusahaan asal Korea Selatan itu turut menghadirkan fitur AR Emoji.

Sesuai namanya, AR Emoji merupakan fitur yang memungkinkan wajah pengguna dipindai dan mengubahnya menjadi emoji. Meski menarik, tak sedikit pihak menyebut fitur AR Emoji dari Samsung ini memiliki kemiripan dengan Animoji dari Apple.

Menanggapi hal tersebut, President Samsung Mobile DJ Koh, menampik Samsung telah meniru fitur dari Apple tersebut. Dalam wawancaranya dengan The Wall Street Journal, Koh menyebut, Samsung sebenarnya telah mengembangkan fitur tersebut sejak lama.

Ia menuturkan, pengembangan avatar berbasis 3D ini sudah mulai dilakukan pada awal 2001, saat era ponsel lipat. Ketika itu, ia masih memimpin divisi riset dan pengembangan Samsung mobile di Inggris.

“Pendekatan mereka (Apple) dan pendekatan saya sangat berbeda. Saya bekerja sangat serius berdasarkan rencana saya sendiri,” tuturnya seperti dikutip dari Phone Arena, Jumat (2/3/2018). Meski terlihat sama, kedua fitur ini memang memiliki kemampuan berbeda.

AR Emoji di Galaxy S9 memungkinkan pengguna membuat avatar digital yang mirip dengan dirinya. Sementara, Apple mengubah hasil pemindaian wajah tersebut menjadi 3D emoji, seperti naga, beruang, atau karakter lainnya.

Source link