Skandal Penyalahgunaan Data Facebook, Indonesia Jangan Tutup Mata

by

Selain upaya perlindungan dari DPR dan pemerintah, masyarakat pun diimbau untuk lebih berhati-hati membagikan informasi di internet. Menurut pakar digital, Eka Ginting, pengguna merupakan salah satu pihak yang bertanggung jawab untuk keamanan data mereka sendiri.

Selain itu, sudah pasti pemilik platform online juga harus bertanggungjawab melindungi semua data yang ada di dalam layanannya.

“Tanggung jawab semua data ini ada pada pelakunya dan komunitas pengguna sendiri. Pengguna dalam hal ini harus memastikan tidak menggunakan aplikasi yang mencurigan dan pastikan data yang diserahkan (ke sebuah layanan dan aplikasi), digunakan untuk tujuan yang diketahui dengan jelas,” ungkap Eka.

Untuk menghindari penyalahgunaan data, kata Eka, sebaiknya warganet tidak mengumbar informasi penting. Mengingat penggunaan Facebook yang tidak bisa dihindari, ia berharap Indonesia bisa segera memiliki peraturan kuat untuk melindungi semua data, yang memang harus dijaga di era digital ini.

“Facebook sudah menjadi sesuatu yang digunakan, tapi juga alat yang bisa mengancam kedaulatan. Oleh karena itu, kita harus memiliki peraturan kuat untuk melindungi,” jelas Eka,

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Facebook kembali diserang isu menyimpan data pengguna. Puluhan juta data kontak, SMS, dan riwayat panggilan diduga disimpan Facebook.

Source link