3 Mitos Kerajaan Gaib di Indonesia

by
kerajaan gaib
Dok: anehtapinyata.net
kerajaan gaib
Dok: anehtapinyata.net

Menurut informasi yang terkumpul dari beberapa sumber, makhluk-makhluk gaib ternyata gemar membuat koloni atau perkumpulan. Hal ini pula yang dipercaya oleh beberapa kalangan masyarakat di Indonesia sejak lama. Adapun beberapa perkumpulan makhluk gaib bahkan sampai membentuk sebuah ‘kerajaan gaib’. Bahkan, hingga saat ini masih banyak masyarakat yang percaya bahwa terdapat kerajaan-kerajaan gaib di beberapa daerah di Indonesia. Kerajaan-kerajaan gaib apa saja itu dan di mana tempatnya?

1. Kerajaan Laut Selatan

Dok: anehtapinyata.net
Dok: anehtapinyata.net

Siapa yang tidak tahu dengan kisah Ratu Pantai Selatan Nyi Roro Kidul? Ya, mitos kerajaan laut selatan merupakan mitos yang paling terkenal di Indonesia dan melegenda. Sebenarnya, mitos ini punya cerita yang cukup panjang.

Pada awalnya, mitos ini bermula dari permaisuri Prabu Siliwangi yang melakukan ritual mengubah diri menjadi makhluk gaib dengan cara menceburkan diri ke dalam laut. Padahal, saat itu sang permaisuri sedang mengandung dua orang putri. Nah, lahirlah dua orang putri itu di mana salah satunya merupakan Nyi Roro Kidul penguasa pantai selatan. Sementara satu lagi adalah Dewi Lanjar penguasa pantai utara.

2. Kerajaan Alas Purwo

Dok: anehtapinyata.net
Dok: anehtapinyata.net

Tidak jelas seperti apa cerita berdirinya kerajaan gaib yang dipercaya berada di Taman Nasional Alas Purwo di Banyuwangi ini. Yang jelas, presiden Ir. Soekarno dan juga para raja-raja dahulu sering berkunjung ke sini.

3. Kerajaan Gaib Pulomas

Dok: iyakan.com
Dok: iyakan.com

Terletak di Indramayu, kerajaan gaib ini dipercaya memiliki cerita yang membuat bulu kuduk berdiri. Kisah kerajaan gaib Pulomas bermula dari seorang raja manusia yang membabat hutan demi membangun sebuah istana. Namun, ia dihalangi oleh raja gaib dan terjadilah sebuah pertempuran. Namun, perdamaian pun akhirnya berhasil dicapai dengan syarat sang raja manusia harus mau menikahi putri sang raja gaib. Sampai akhirnya terbentuklah kerajaan tersebut.

Itulah tadi tiga mitos mengenai kerajaan gaib paling populer yang ada di beberapa daerah di Indonesia. Benar atau tidaknya, belum ada teori secara nalar yang benar-benar dapat memastikan hal tersebut. Namun, terlepas dari benar atau tidaknya mitos tadi, sudah sepantasnya kita menyadari bahwa ada makhluk lain yang tinggal di dunia ini namun di alam yang berbeda.