5 Hewan Unik Langka yang Tidak di Setiap Negara Ada

by
hiu goblin
Dok: shark-world.com

Makhluk hidup termasuk hewan diciptakan dengan sangat adil oleh Tuhan YME. Hal ini terlihat dari bentuk tubuh hewan-hewan yang diciptakan sesuai dengan tugas dan cara mereka untuk bertahan hidup. Namun terkadang, terlihat ada hewan-hewan yang memiliki bentuk tubuh unik dan langka dibanding dengan hewan lain pada umumnya. Bahkan tidak sedikit hewan yang hanya menjadi endemik di suatu negara saja atau tidak hidup di negara lain.

Nah, berikut ini beberapa hewan unik dan langka yang hanya hidup di wilayah tertentu di dunia saja.

1. Serigala Maned

serigala maned
Dok: elelur.com

Serigala maned memiliki bentuk tubuh yang serupa dengan serigala biasa. Hanya saja, serigala maned memiliki kaki yang sangat panjang. Inilah hal yang membuatnya unik, mengingat serigala lain memiliki bentuk kaki yang proporsional dan tampak kokoh sebagai sarana berburu mangsa. Ditemukan di Brasil dan Peru, hewan ini terbilang hampir punah.

Baca Juga :   Kisah Mistis dari Masa Lalu di Benteng Portugis Jepara

2. Naked-Mole Rat

naked-mole rat
Dok: www.nature.com

Sesuai dengan namanya jika diartikan dalam bahasa Indonesia, yakni tikus tanah telanjang, naked-mole rat tidak memiliki bulu di kulitnya. Hebatnya, kulit naked-mole rat ternyata membuatnya kebal dari kanker.

3. Kelelawar Putih Honduras

kelelawar putih honduras
Dok: www.animalspot.net

Jika Anda biasa melihat film Batman, maka kelelawar ini akan berbeda jauh dari apa yang Anda bayangkan tentang kelelawar itu sendiri. Ketika kelelawar lain berwarna hitam dan besar serta menyeramkan, kelelawar putih khas Honduras ini berwarna putih terang dengan ukuran panjang tidak lebih dari empat sentimeter.

Baca Juga :   Trik Mudah Dalam Menyajikan Buah Buahan

4. Glass Frog

glass frog
Dok: nationalgeographic.org

Apa Anda  merupakan salah satu di antara banyak orang yang jijik atau geli melihat kulit katak? Jika iya, maka Anda pasti tidak akan jijik atau geli lagi melihat katak yang satu ini. Glass frog atau katak kaca merupakan katak dengan kulit transparan sehingga kamu bisa melihat organ dalamnya. Waduh, bisa tambah geli kalau begitu!

Baca Juga :   Trik Menyimpan Kacang Agar Lebih Tahan Lama

5. Hiu Goblin

hiu goblin
Dok: shark-world.com

Selain memiliki “pedang” di atas wajahnya, hiu goblin juga memilii gigi tajam yang jarang-jarang. Kedua hal itulah yang membuat hiu goblin terbilang unik. Spesies ini juga sering disebut sebagai “fosil hidup”, karena hiu goblin adalah spesies yang masih belum punah sejak 125 juta tahun lalu.

Hewan-hewan tadi adalah spesies berbentuk aneh dan unik yang mungkin belum pernah Anda lihat di Indonesia. Walau demikian, Indonesia juga memiliki beberapa keanekaragaman fauna sendiri yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.