Bacteriophage Virus Pembunuh “Superbug”, Bakteri Penyebab Kepunahan Manusia

by

Manusia memang menjadi predator paling atas dalam kehidupan di muka bumi ini, tak ada satupun hewan/flora yang mampu menaklukkan mereka. Dan penyebab kepunahan manusia hanya bisa terjadi jika ada bencana alam, perang dunia dan wabah penyakit seperti kasus Wabah Hitam (Black Death) yang membunuh sepertiga hingga dua pertiga Populasi Penduduk Eropa (lebih dari 200 juta jiwa).

Superbug bisa saja menjadi “Biang Kerok” yang sama dengan Wabah Mematikan Black Death di Masa Lalu

Bacteriophage Virus Pembunuh Superbug

Dimasa modern kini, bakteri berbahaya Superbug juga bisa menjadi biang kerok kematian massal manusia. Jadi Makhluk aneh macam apakah sebenarnya Superbugs ini?

Superbug adalah jenis bakteri berbahaya yang resisten atau KEBAL terhadap antibiotik. Seperti yang kita ketahui penemuan obat antibiotik telah menyelamatkan manusia dari kengerian berbagai macam bakteri yang bisa menyebabkan sakit, infeksi hingga kematian. Antibiotik lazim digunakan untuk membunuh “bakteri” dan menjadi senjata andalan umat manusia.

13 Wabah Penyakit Mematikan yang Jadi Penyebab Kepunahan Manusia

Meski begitu, tapi jangan pernah meremehkan kemampuan bakteri, karna bakteri adalah makluk hidup yang dapat berevolisi, semakin banyak antibiotik digunakan, bakteri akan berevolusi yang membuat mereka kebal terhadap antibiotik. Makanya waktu berobat ke Dokter pernah diberi pesan kan? Antibiotiknya WAJIB diminum sampai habis ya, meski sudah enakan badan.

Sample Bakteri Superbugs

 Superbugs

Inilah yang disebut sebagai Superbug, mereka mulai menyebar ke seluruh dunia, di Amerika sendiri lebih dari 23.000 jiwa telah tewas tiap tahun akibat Superbug. Diperkirakan tahun 2050 Superbug akan mengakibatkan kematian yang lebih besar dari penyakit berbahaya kanker, apabila manusia nggak bisa nemuin senjata buat ngalahin Superbug, bisa jadi ini menyebabkan kepunahan umat manusia.

Hingga Datanglah sebuah harapan, Penemuan Bacteriophage Sebagai Virus Pembunuh Bakteri Superbug

Bakteri Penyebab Kepunahan Manusia

Ada seorang pasien yang terinfeksi bakteri superbug di dadanya, pasien ini sudah tidak ada harapan lagi. Bakteri Pseudomonas Aeruginosa salah satu bakteri paling menakutkan ini menginfeksi rongga dada nya, bakteri ini kebal terhadap antibiotik dan bahkan dapat bertahan hidup di dalam gel alkohol. Setelah setahun menderita pasien ini disuntikan ribuan bacteriophage ke rongga dadanya, seminggu kemudian infeksi bakteri ini benar-benar hilang.

Apakah superbug bisa menjadi kebal terhadap bacteriophage?

Ya, benar mereka bisa menjadi kebal terhadap bacteriophage, untungnya saat mereka menjadi kebal terhadap bacteriophage justru kekebalan terhadap antibiotik menjadi menurun.

Dengan begini manusia bisa menggunakan kembali antibiotik, kayak main kucing-kucingan ye gan. Sayangnya percobaan ini masih belum dapet ijin resmi dan Pharma masih enggan untuk mendanai senjata pamungkas ini. Oh ya untuk sekedar tahu, kaya gimana sih penampakan Bacteriophage?

Kalo kalian masuk SMA , ambil jurusan IPA terus belajar biologi bab virus dan monera, pasti kalian bakal liat gambar ini.

Ya gambar dibawah ini adalah bentuk dari makhluk paling mematikan di dunia, Bacteriophage atau phage singkatnya.

Bentuk nya aneh ya gan kaya dibuat oleh “seseorang”, Kepalanya berbentuk icosahedron, yang isinya berupa materi genetik si virus, dengan buntut yang ada injeksi didalamnya. Untung nya virus ini hanya menyerang bakteri dan gak akan pernah bisa menyerang sel-sel manusia.

bacteriophage structure

Eksperimen Manusia Jadi Kelinci Percobaan di Perang Dunia 1 dan 2

Mereka membunuh 40% bakteri yang ada dilaut setiap harinya, mereka menyuntikan materi genetiknya kedalam tubuh si bakteri dan berkembang biak didalamnya, setelah berkembang biak mereka membuat endolysin yang menghancurkan tubuh si bakteri. Kepanjangan ye kalo jelasin?, Coba buka buku biologi SMA lagi aja buat lebih lengkapnya. Ok gitu aja dulu cuy tentang Bacteriophage  si Virus Pembunuh Superbugs, ditunggu aja nanti kelanjutan updateannya, ‘kalo ada’ 😀

Referensi Artikel :

Kaskuser terlalurizky – Bacteriophage, Virus Yang Akan Menyelamatkan Umat Manusia

Source link