Pengalaman Wisata ke Israel dan Palestina, Ternyata Tak Seheboh Pemberitaan Media!!

by

Israel dan Palestina memang bukan destinasi favorit para wisatawan mancanegara. Sebab seperti yang sering kita dengar di Tipi-tipi dan katanya-katanya orang…di kedua tempat ini rawan konflik perang agama.  Padahal faktanya baik di Negara Israel maupun Palestina sendiri, rakyatnya banyak yang menganut Yahudi, Islam dan Nasrani, dan mereka hidup damai berdampingan. Tapi berbanding terbalik saat kita membaca media-media yang senang banget memperkeruh konflik disana.

Ok daripada gak ada juntrungannya ngomongin beginian, mending kita dengerin langsung dari orang yang baru saja berlibur ke Palestina sekaligus Israel, ini adalah pengalaman langsung dari Kaskuser beritapalestina yang menceritakan langsung kondisi tempat-tempat wisata disana sekaligus kehidupan masyarakatnya.

Pengalaman Berlibur di Israel 

Ane masuk Israel melalui Negara Yordania via darat..pada posisi check point israe l(ditandai dengan melewati jembatan yg melintasi sungai yordan), ada sniper israel mondar mandir disana, no photo, bahkan pegang hp ga boleh saat ini. Sopir di bus wisata juga cerita pernah kejadian penumpangnya main hape saat check point,langsung bus nya diserbu Israel Defense Forces (IDF) alias pasukan pertahanan Israel pake senapan serbu lengkap.

Tragedi Berdarah Dibalik Indahnya 12 Tempat Ibadah Terkenal Di Dunia

Selepas dari check point bus, turun dr bus utk imigrasi israel,alat scanningnya sangat sensitif. Kemudian ada juga random check, ane kena random check paspor ditahan sekilas dan ditanyai hal hal yg acak, menurut ane petugas disini tegas, serius, tapi juga sekaligus sabar, sopan dan ramah. Ane akhirnya keluar dari imigrasi tapi kesulitan karna paspor gak di cap, tapi dikasih selebaran kertas kecil sebagai gantinya.

Paspor dan Mata Uang Israel

Paspor Ane + mata uang Israel, 1 USD setara kurang lebih 3,5 shekel. Mata uang israel ini berlaku diseluruh israel maupun palestina, namun tidak ada kewajiban harus membawa shekel, karna baik di Palestina tepi barat maupun Israel, 90% toko toko disini mau menerima USD ,jadi bawa USD saja cukup, nanti tinggal minta kembalian mata uang israel untuk berjaga jaga shopping di toko yang cuma bisa menerima mata uang shekel.

Oh ya, yang cukup mengejutkan bagi ane, hampir semua toko toko disini bisa berbahasa indonesia loh,baik orang arab maupun yahudi, baik di Israel maupun Palestina, mungkin karna banyak peziarah kristen dari Indonesia traveling ke Israel.

Ucapan Selamat datang dari Kementerian Israel untuk para wisatawan

pengalaman TS berlibur di palestina dan israel

Ucapan selamat datang dari Kementrian Israel, berdasarkan pengalaman ane,negara kita sangat terkenal disini,kenapa ya?

Saat di Yerusalem, Kota Suci 3 Agama (Yahudi, Kristen dan Islam)

Ketika berada di Jerusalem tampak kubah emas dome of rock di kejauhan, sementara kotak kotak diperbukitan yg nampak di foto adalah makam orang yahudi..Tampak diatas makam ada bongkahan-bongkahan batu,karna bangsa yahudi tidak menaruh bunga diatas nisan krn menganggapnya sebagai hal yg tabu (kepercayaan bunga membawa kematian yg memberikannya, begitu sedikit informasi ane juga kurang jelas info validnya)

Nah komplek makam diperbukitan yg menghadap dome of rock ini adalah komplek permakaman yahudi paling mahal di Israel,dengan harga 700 jt an per satu slot nisan (itu duit semua lo cuy). Ada alasan kenapa komplek ini PALING MAHAL?

Karna menurut kepercayaan agama yahudi, apabila Mesias (sang penyelamat) mereka datang ke bumi, maka mesias akan membangkitkan semua orang mati..dan tempat ini adalah yang pertama kalinya akan dilalui mesis eh mesias. Jadi ngertikan maksudnya? Orang-orang Yahudi yang dimakamkan disini dapat antrian pertama bangkit dari kubur untuk kemudian dibawa pergi ke surga emoticon-Big Grin

Gambar komplek Dome of rock + Tembok Ratapan + Masjid al aqsa

Dome of rock

Wisata ke jerusalem tidak lengkap tanpa mampir ke komplek dome of rock + tembok ratapan + masjid Al Aqsa, jadi muslim, kristen, yahudi, bahkan turis turis yaa ga peduli agama macam turis dari cina, russia,dll, semua boleh mampir kesini,karna tentu saja ini adalah tempat palingg terkenal di Jerusalem

wisata yerusalem

Ternyata check pointnya cukup longgar dan gak seseram yg ane bayangkan,yang muslim, yahudi dan kristen pun berbaur campur semuanya disini, biasa saja, gak ada kesan seram/tegang seperti yg digembar-gemborkan media selama ini.

wisata palestina

Meski tembok ratapan adalah tempat suci umat yahudi,tapi non yahudi (yg percaya bait allah) pun bebas berdoa disana, syaratnya cuma harus pake penutup kepala, entah itu topi biasa atau kipah (topi khas yahudi yang sudah disediakan didalam kotak kaca).

Dan syarat lainnya cowok dan cewek wajib beribadah terpisah..untuk yang cewek disisi kanan sementara yang cowok disebelah kiri.

tembok ratapan

Umat Yahudi berdoa ditembok ratapan untuk meratapi bait allah kedua (second temple) yang sudah hancur, beberapa org yg berdoa kadang menyelipi kertas doa/permohonan mereka di sela-sela tembok ratapan seperti pada gambar diatas.

Jenazah Abadi Santa Bernadette Soubirous yang Tetap Utuh dan Cantik Sempurna

Tampak Al Aqsa (kubah hitam) dibelakang tembok ratapan sisi barat, dome of rock (tidak kelihatan difoto tapi lokasinya disebelah kiri foto seharusnya) adalah tempat yg dipercaya dimana Abraham ingin mengorbankan anaknya, sementara Al Aqsa adalah tempat Nabi Muhammad mengalami peristiwa Isra Miraj, kalau mau masuk ke Al Aqsa tinggal belok kiri dan ada check point lagi. Tapi di check point ini ada aturan ga boleh bawa alkitab, kalung salib atau simbol-simbol agama non muslim.

Keluar dr komplek al aqsa,tapi msh disekitaran kota tua jerusalem, tampak polisi Israel berpatroli. Ada alasan kenapa jerusalem timur diperebutkan israel dan palestina, bukan di barat, karna banyak situs suci keagamaan berlokasi di jerusalem timur.

Pengalaman Wisata ke Israel dan Palestina

Disini, setiap hari di Israel pasti bakal nemuin mereka cewek-cewek cantik unch pake seragam dan bawa senapan serbu, ini TKP di minimarket ketemu cewe IDF yg cantik dan blonde ,lokasi di sekitaran laut mati emoticon-Embarrassment

Dia ngelirik ngelirik, mungkin naksir sama ane, maklum keturunan orang tamfan emoticon-Embarrassment

Kalo Ini Siapa lagi Gan? Calon Mantan Gebetan Agan?

Pengalaman Wisata ke Israel dan Palestina, Ternyata Tak Seheboh Pemberitaan Media!!

Kios es krim yg lokasinya terendah didunia😂, lokasi dekat laut mati dan di qumran (tempat ditemukannya dead sea scroll)

Qumran, disalah satu gua disini ditemukan gulungan laut mati yg terkenal itu

Pengalaman Wisata di Palestina

Sekarang ane menuju ke Palestina tepi barat, di check point ini dijaga tentara israel, tidak boleh pegang hp kecuali ente mau menginap semalam di sel israel😂

Ane mengira ditembok ini bakal banyak pendemo atau orang orang palestina yang ngelemparin batu,ternyata nggak, sama sekali tidak ada, bahkan banyak mobil parkir disisi tembok perbatasan ini dengan santainya.

Melewati tembok perbatasan,langsung masuk kota Betlehem yang dibawah kekuasaan otoritas Palestina, ini adalah Pos Polisi palestina, mereka dilengkapi senjata api..yaiyalah cuy masa sendok 😀

Ini hotel tempat ane menginap di Palestina, Lumayanlah ya tidak buruk bukan?

Pemandangan dari hotel saat sunset, banyak gedung bertingkat bagus-bagus di Palestina

Toko souvenir oleh-oleh di Palestina

Toko souvenir oleh-oleh di Palestina..bendera palestina bersanding dengan simbol simbol yahudi seperti tabut perjanjian dan menorah

Baju dengan simbol perjuangan palestina, made in Israel …Nah Luh Gimana ceritanya tuh

Apa benar Palestina miskin? ane rasa tidak…mobil mereka bahkan bagus bagus, “mobil murah” yang populer disini adalah Hyundai dan Volkswagen, tapi banyak juga masyarakatnya yang pakai Ford dan Mercedes Benz. Pokoknya lo gak bakal nemuin deh mobil sebangsa datsun atau Charade Winner

Makan KFC di salah satu Mall di Palestina

Makan es krim Italy diatas bukit, suasananya bikin betah untuk berlama-lama disini

Hampir semua gedung di Palestina dan Israel berwarna putih krem kek gini, bukan cuma sekedar gaya-gayaan karna mereka pake batu kapur yang sifatnya dingin ketika cuaca panas, dan sebaliknya panas ketika cuaca sedang dingin.

Masjid yang bersebrangan dengan Gereja,diseberang Masjid ini ada juga Gereja Orthodox, Katolik Roma, dan Yunani

Tahukah kamu Bisnis Religi adalah bisnis yang sangat menguntungkan baik di Palestina maupun israel, sangat banyak orang orang yang membuka toko souvenir atau menggantungkan hidupnya dari bisnis ini. Satu toko souvenir menjual aksesoris Islam, yahudi dan kristen sekaligus, juga tentu saja pegawai yang multiras yang memiliki kemampuan berbagai macam bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Oke Bokeh sekian thread dari ane, kesimpulan yang bisa ane ambil, baik Palestina tepi barat maupun Israel adalah dua negara yg indah, menurut ane kota-kota nya lebih indah dibanding Indonesia, begitu juga dengan infrastruktur yg lebih mumpuni. Pengalaman aneh selama berada di Palestina tidak ketemu satupun pengemis di jalanan.

Tidak menemukan orang arab-yahudi berantem, anak anak arab yg pergi sekolah ditembak pasukan IDF, gak jg ketemu satu mayat pun ditengah jalan.Tidak juga menemukan konflik agama dan ras seperti yg digambarkan media selama ini..Fakta lain yahudi dan arab bisa bekerja di satu tempat kerja yang sama, ngobrol bareng, makan satu meja bareng dan toko Palestina tidak segan segan menjual aksesoris yahudi,begitu jg sebaliknya toko-toko di Israel

Akhir kata konflik arab dan yahudi skala dan tensinya sebenarnya sangatlah kecil ,hanya dibesar-besarkan media untuk komoditi gorengan mereka, dan tidaklah mewakili realita kehidupan mereka sehari hari. Ada pertanyaan atau kritik? silahkan reply thread aye di kaskus, Pengalaman TS berlibur di Palestina dan Israel

Source link